Thursday, August 27, 2015

Laporan praktikum algoritma dan pemrograman java Pertemuan ke-6


MODUL 6
PERNYATAAN SWITCH



  1. TUJUAN
  • Dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan seleksi dengan menggunakan pernytaan switch.
  1. TEORI SINGKAT

Pernyataan switch adalah pernyataan yang digunakan untuk menjalankann salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan, berdasarkan nilai dari sebuah ungkapan dan nilai penyeleksi. Setiap ungkapan diungkapkan dengan sebuah nilai integral konstan, seperti sebuah nilai dengan tipe byte, short, int atau char.
Bentuknya :

switch (ungkapan)

{

    case ungkapan1: 

       pernyataan1;
      break;
 
case ungkapan2:
       pernyataan2;
       break;
    .................
   default:
      pernyataan_x;
}

3. PELAKSANAAN PRATIKUM
    1. Program untuk memilih TV

import java.util.Scanner;

public class CaseTV
{
public static void main(String args[])
{
Scanner masuk = new Scanner (System.in);
int pil;
System.out.print("Masukkan Pilihan: ");
pil = masuk.nextInt();
switch (pil){
case 1:System.out.println("RCTI");break;
case 2:System.out.println("SCTV");break;
case 3:System.out.println("TPI");break;
case 4:System.out.println("INDOSIAR");break;
case 5:System.out.println("TRANS&");break;
case 6:System.out.println("TVONE");break;
case 7:System.out.println("METRO");break;
case 8:System.out.println("GLOBALTV");break;
case 9:System.out.println("TRANSTV");break;
case 10:System.out.println("TVRI");break;
default: System.out.println("Salah masukkan Pilihan ");break;}
}
}

Jika program diatas dijalankan dengan masukkan 3 maka output sebagai berikut:




Listing terlampir

    1. Program untuk menghitung luas lingkaran, luas persegi panjang, luas bujur sangkar dan luas segitiga.
import java.util.Scanner;
public class MenghitungLuas
{
public static void main (String args [])
{
Scanner masuk = new Scanner(System.in);
float phi = 3.14f,luas;
int pil,jari,panjang,lebar,persegi,sisi,bujur,a,t,segitiga;
System.out.println("Aplikasi Hitung Bidang Datar");
System.out.println("============================");
System.out.println("1. Luas Lingkaran ");
System.out.println("2. Luas Persegi Panjang ");
System.out.println("3. Luas Bujur Sangkar ");
System.out.println("4. Luas Segitiga");
System.out.println("============================");
System.out.print("Masukkan Pilihan Perhitungan Luas yang anda inginkan");
pil = masuk.nextInt();
switch (pil){
case 1:System.out.println(" Hitung Luas Lingkaran ");
System.out.println("Masukkan Jari-jarinya: ");
jari = masuk.nextInt();
luas = phi * jari * jari;
System.out.println("1. Luas Lingkaran"+ luas);break;
case 2:System.out.println("Hitung Luas Persegi Panjang ");
System.out.println("Masukkan Panjang: ");
panjang = masuk.nextInt();
System.out.println("Masukkan Lebar: ");
lebar = masuk.nextInt();
persegi = panjang*lebar;
System.out.println("Luas persegi panjang ="+persegi);break;
case 3:System.out.println("Hitung Luas Bujur Sangkar ");
System.out.println("fMasukkan Sisi: ");
sisi = masuk.nextInt();
bujur = sisi*sisi;
System.out.println("Luas bujur sangkar ="+bujur);break;
case 4:System.out.println("Luas Segitiga ");
System.out.println("Masukkan Alas: ");
a = masuk.nextInt();
System.out.println("Masukkan Tinggi: ");
t = masuk.nextInt();
segitiga =a*t/2;
System.out.println("Luas Segitiga ="+segitiga);break;
default: System.out.println("Salah masukkan pilihan ");break;}
}
}

Jika program diatas dijalankan maka hasil output sebagai berikut:

Listing terlampir

  1. PENJELASAN
Import java.util.Scanner : merupakan perintah untuk mendeklarasikan java untuk menerima masukkan.
public class CaseTV : merupakan perintah untuk mendefinisikan nama sebuah kelas yang mana nama sebuah kelas itu harus sama dengan nama file yang kita buat.
public static void main(String args[]) : pemulaan fungsi utama dalam java.Kata kunci void didepan main merupakan suatu keharusan dalam java.
Scanner masuk = new Scanner(System.in) : artinya dibuat obyek dengan nama masuk dan mengacu ke kelas Scanner.
int pil : merupakan deklarasi variable berupa integer dengan nama variable nya pil
System.out.print(“Masukkan pilihan:”) : merupakan perintah untuk menampilkan hasil output ke layar.
pil = masuk.nextInt() : merupakan pernyataan masukan untuk pilihantipe integer.
switch (pil) : suatu pernyataan untuk menjalankan beberapa kemungkinan dari salah satu pernyataan yang berdasarkan nilai dari sebuah pilihan.
case 1:System.out.println(“RCTI″);break : merupakan pilihan yang dijankan secara berturut-turut yang dimulai dari awal sehingga mendapatkan pernyataan yang sesuai dengan case(pilihan) yang dijalankan.
default: System.out.println(“Salah Pilihan Salah!!!”);break : hanya akan dijalan kan jika ungkapan pada bagian case tidak ada yang cocok.
  1. TUGAS
    1. Membuat program dengan menggunakan pernyataan switch untuk memilih kendaraan yang akan dipakai ketika berpergian sebagai berikut:


import java.util.Scanner;
public class Pilihkendaraan
{
public static void main (String args[])
{
Scanner masuk=new Scanner (System.in);
int pil;
System.out.println("Daftar Kendaraan");
System.out.println("=======================");
System.out.println("1. Naik Pesawat Terbang");
System.out.println("2. Naik Kereta Api");
System.out.println("3. Naik Bus");
System.out.println("4. Naik Taksi");
System.out.println("5. Naik Mobil Pribadi");
System.out.println("6. Naik Motor");
System.out.println("=======================");
System.out.print("Masukkan Pilihan: ");
pil = masuk.nextInt();
switch (pil){
case 1:System.out.println("Naik Pesawat Terbang");break;
case 2:System.out.println("Naik kereta Api");break;
case 3:System.out.println("Naik Bus");break;
case 4:System.out.println("Naik Taksi");break;
case 5:System.out.println("Naik Mobil");break;
case 6:System.out.println("Naik Motor");break;
default: System.out.println("Anda Salah Memilih");break;
}
}
}

Jika program diatas dijalankan dengan masukkan dari keyboard adalah 3 maka hasil output sebagai berikut:


Listing terlampir

    1. Setelah anda melakukan praktikum dengan menggunakan pernyataan if dan switch jelaskan kekurangan dan kelebihan dari kedua pernyataan tersebut?

Jawab:
Semua program yang dikerjakan dengan menggunakan switch pasti bisa  diselesaikan oleh if tapi kalau if tidak, pernyataan switch memiliki nilai jangkauan sedangkan if tidak. Tidak semua program yang dibuat dengan switch bisa dibuat dengan if.Tetapi tidak sebaliknya switch tidak menerima data input berupa floting point.


  1. KESIMPULAN

Semua program yang dibuat dengan pernyataan switch dapat diubah menggunakan pernyataan if, tetapi tidak sebaliknya, karena switch tidak menerima input berupa floating point. Pada pernyataan switch yang setiap case-nya harus diberi kata break kalau tidak maka program tersebut akan tetap berjalan sampai bertemu break atau program tersebut selesai.






LISTING TUGAS
  1. Determinan

  1. Pilih kendaraan
 

No comments:

Post a Comment