Thursday, September 3, 2015

Laporan Praktikum Analisis Desain Terstruktur Pertemuan 1


PERTEMUAN KE-1
DIAGRAM ARUS DATA (DAD)
  1. TUJUAN
  • Dapat memahami DAD
  • Mampu menguraikan domain problem ke DAD
  • Dapat membuat contents diagram dan meng-explode-nya

  1. TEORI SINGKAT
Diagram arus (DAD) merupakan teknik pada analisa terstruktur untuk mempresentasikan proses-proses data didalam suatu sistem yang menggunakan aliran data dengan menekankan logika yang mendasari sistem.

Penggunaan DAD ini dipopulerkan oleh DeMarco-Yordan dan Gane-Sarson dengan menggunakan pendekatan metoda analisis sistem terstruktur.

Arus data (data flow) pada DAD diberi symbol anak panah. Arus data ini mengalir diantara proses, simpanan data dan entitas luar. Arus data yang menyebar menunjukkan sejumlah tembusan dari sumber arus data yang sama ke berbagai tujuan yang berbeda. Arus data yang menggumpul menunjukkan beberapa arus data yang berbeda bergabung bersama-sama menuju ke tujuan yang sama.

Semua arus data harus dihasilkan dari suatu proses atau menuju ke suatu proses. Konsep ini penting karena arus data adalah salah satu hasil dari suatu proses atau akan digunakan untuk melakukan suatu proses.

  1. PEMBAHASAN
Analisis Sistem Informasi Pasien Rawat Jalan
  1. Mengidentifikasi masalah
Pada rumah sakit “Seger Waras” mempunyai pasien yang semaking meningkat jumlahnya kemudian pelayanan juga akan membutuhkan waktu yang lama dan berkas rekam medis pasien secara fisik semakin banyak dan sulit diakses sehingga mereka membutuhkan pengembangan sistem layanannya untuk membangun sistem dengan aplikasi komputer untuk melayani pasiennya.
  1. Mengidentifikasi titik keputusan
Untuk mengidentifikasi penyebab masalah yang terjadi maka membuat analisis sistem untuk mengatasinya dengan cara membuat diagram konteks agar sistem dapat bekerja dengan mengatasi masalah yang terjadi secara lebih cepat.
  1. Mengidentifikasi entitas-entitas yang terlibat
Untuk mengidentifikasi entitas yang akan terlibat dalam sistem maka kita ketahui entitas yang terdapat di rumah sakit yaitu pasien, dokter, pegawai dan manajemen rumah sakit sehingga sistem akan bekerja sesuai dengan entitas yang tersedia.
  1. Mengidentifikasi proses-proses
Setelah mengidentifikasi entitas yang ada maka melakukan analisis proses untuk menanggani pasien mulai dari registrasi sampai pada pembayaran di Bank.
  1. Diagram konteks(Diagram level 0)
Pada diagram konteks Sistem Informasi Rawat Jalan terdapat empat simbol yang menunjukkan entitas, proses, aliran data dan penyimpanan data, sehingga dapat di simpulkan bahwa setiap pasien yang datang akan melakukan pendaftaran/registrasi kepada pegawai RS sehingga data pasien akan dikirim ke sistem. Setelah itu pasien akan melakukan pemeriksaan oleh paramedis sehingga dokter akan melalukan proses diagnosanya dan hasilnya di kirim ke sistem sehingga sistem akan memberikan hasil diagnosanya kepada pasien untuk melakukan pembuatan nota dan resep. Setelah itu pasien akan melakukan pembayaran di Bank


  1. TUGAS
Analisis Sistem KRS Online di Perguruan Tinggi XYZ
  1. Mengidentifikasi Masalah
Untuk menanggani masalah yang di hadapi oleh perguruan tinggi XYZ antara lain:
  • Mahasiswa melakukan KRS online tanpa persetujuan dari dosen wali;
  • Dosen wali tidak bisa menolak mata kuliah yang di ambil oleh mahasiswa;
  • Mahasiswa bisa mengambil matakuliah melampaui ketentuan;
Dari pokok permasalahan diatas maka analisis sistem dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah tersebut yaitu:
  • Masalah yang terjadi adalah mahasiswa melakukan KRS online tanpa persetujuan dari dosen wali karena dosen tidak bisa melakukan bimbingan secara online sehingga tidak menolak mahasiswa yang mengambil matakuliah yang diambil oleh mahasiswa.
  • Dosen wali tidak bisa menolak matakuliah yang diambil oleh mahasiswa karena sistem tidak mendukung antara mahasiwa dengan dosen wali untuk saling berkonsultasi.
  • Mahasiswa bisa mengambil matakuliah melampaui ketentuan, masalah ini terjadi karena analisis sistem yang ada belum bisa menanggani jumlah sks yang diambil oleh mahasiswa sesuai dengan batas sks-nya sehingga mahasiswa mengambil matakuliah melebihi batas sks-nya.

  1. Mengidentifikasi titik keputusan
Untuk mengidentifikasi titik keputusan dari permasalahan tersebut maka solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan dokumen paperwork flowchart sehingga hasilnya akan gambarkan dengan diagram konteks.
  1. Mengidentifikasi entitas-entitas yang terlibat
Entitas-entitas yang terlibat dalam permasalahan diatas antara lain:
  • Mahasiswa
  • Dosen
  • Matakuliah
  • Bagian pengajaran
  1. Mengidentifikasi proses-proses
Untuk mengkoordinasikan mahasiswa, dosen dan matakuliah agar mahasiswa dan dosen saling berkonsultasi untuk melakukan KRS online maka melalui proses-proses sebagai berikut:
  • Proses melakukan bimbingan kepada dosen wali
  • Proses pengambilan matakuliah
  • Proses melakukan persetujuan dari dosen wali
  • Proses mencetak KRS
  1. Diagram konteks (Diagram level 0)

No comments:

Post a Comment