Thursday, September 3, 2015

Laporan Praktikum Analisis Desain Terstruktur Pertemuan 8 dan 9


PERTEMUAN KE-8
DESAIN ANTAR MUKA DATA INDUK
  1. Tujuan
  • Mampu mendesain masukan umum
  • Mampu mendesain masukan terinci


  1. Teori Singkat
Desain masukan atau input merupakan tahapan untuk merancang hasil dari tahap analisis yang sudah dilakukan. Terhadap dua jenis desain masukan yaitu: desain masukan secara umum dan desain masukan secara rinci.


Alat input (input device) yang akan digunakan meliputi keyboard, card reader, dsb. Alat ini digolongan menjadi dua yaitu:
    1. Alat input langsung (online input device)
    2. Alat input tidak langsung (offline input device).


Desain masukan umumnya lebih menekankan pada proses-proses yang berkaitan dengan input data, yaitu:
    1. Penangkapan data (data capture),
    2. Penyiapan data(data preparation), dan
    3. Pemasukan data(data entry).
Tipe input dikempokkan menjadi dua tipe yaitu: input eksternal dan input internal.


Desain input terinci meliputi:
    1. Desain dokumen dasar,
    2. Desain kode, dan
    3. Desain dialog layar.






  1. Pembahasan praktikum
  1. Pada listing praktikum tentang pembuatan form pendaftaran terdiri dari:
  • No. pendaftaran: untuk memasukkan nomor atau kode pendaftaran anggota yang mau meminjam CD/DVD
  • Nama Lengkap: pada kolom nama lengkap untuk mengisi nama lengkap dari anggota.
  • No. Id member : untuk memasukkan nomor identitas dari anggota
  • Alamat : tempat untuk memasukkan alamat lengkap dari anggota
  • No. Telepon: kolom untuk memasukkan nomor telepon anggotanya.
  • Jenis Kelamin: terdiri dari dua pilihan yang akan dicentang untuk menentukan jenis kelamin dari anggota yang terdaftar.
  • Status : untuk memilih status anggota yaitu sebagai mahasiswa atau pekerja.
  • Tombol Simpan : jika kolom pengisian sudah selesai maka klik tombol simpan untuk menyimpan data anggotanya.
  • Tombol tambah : jika anggota yang terdaftar masih ada data yang kurang lengkap atau salah maka klik tombol tambah untuk mengedit lagi datanya.
  • Tombol keluar: jika data sudah selesai dimasukan maka klik tombol keluar untuk keluar dari jendela form.


  1. Kartu member
Pada kartu member terdapat logo, nama rental dan alamat rental sebagai tanda resmi dari rental tersebut. Kemudian pada isi kartu terdiri dari:
  • Nama Lengkap: yaitu untuk mengisi nama lengkap dari anggota yang terdaftar sebagai anggota resmi dari rental tersebut.
  • Alamat: untuk memgisi alamat lengkap dari anggota yang terdaftar
  • Id member : adalah kode yang diberikan oleh pemilik rental sebagai nomor identitas anggotanya.
  • Jenis Kelamin: untuk mengisi jenis kelamin anggotanya
  • Jumlah CD/DVD: untuk mengisi jumlah CD/DVD yang dirental oleh anggota.
  • Dibagian bawah kartu member terdapat ketentuan dari anggota yang akan meminjam CD/DVD.


  1. Form input data koleksi
Pada form input data koleksi terdiri dari:
  • Kode CD/DVD: untuk menginputkan kode dari CD/DVD yang akan dirental oleh anggota.
  • Nama CD/DVD: untuk memasukkan nama dari CD/DVD yang dikoleksi
  • Jumlah koleksi: untuk megisi jumlah CD/DVD yang dipilih oleh anggota
  • Tgl Peminjaman: untuk memasukkan tanggal yang dimulainya anggota meminjam CD/DVD
  • Tgl pengembalian : untuk mengisi tanggal pengembalian CD/DVD yang dirental oleh anggotanya.
  • Tombol Simpan: untuk menyimpan data yang dimasukkan pada kolom pengisian
  • Tombol Tambah: jika anggota masih mau menambah CD/DVD yang dirental maka klik tombol ini untuk menambahnya lagi
  • Tombol Batal: jika anggota membatalkan peminjamannya maka klik tombol Batal untuk membatalkan pengisian dan kemudian keluar dari form tersebut.


PERTEMUAN KE-9
DESAIN ANTAR MUKA DATA TRANSAKSI
  1. Tujuan
  • Mampu membuat desain antar muka
  • Mampu membuat desain masukan untuk data transaksi
  1. Teori Singkat
Desain antar muka (interface) merupakan tahap desain untuk merancang antar muka dialog layar antara user (pengguna) dengan sistem. Desain antar muka harus dibuat semenarik mungkin dan sederhana, serta bersifat self instruction.
Alat input(input device) yang akan digunakan meliputi keyboard, mause, light pen, light bar, scanner(pemindai). Alat input yang digunakan langsung memasukkan data kedalam sistem dan direspon langsung oleh sistem, dan selanjutnya data disimpan kedalam database yang disiapkan sebelumnya.
Desain antar muka merupakan awal dimulainya proses interaksi proses interaksi antara sistem informasi dengan pengguna yang mengoperasikan sistem tersebut. Bahkan mentah dari informasi adalah data yang terjadi dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh organisasi. Data hasil dari transaksi merupakan masukan untuk sistem informasi.
Desain antar muka sebaiknya dirancang sedemikian rupa, sehingga pengguna seminimal mungking memasukkan data, untuk menggurangi tingkat kesalahan yang terjadi.

  1. Pembahasan
Pada listing tentang desain antar muka peminjaman CD/DVD rental terdapat dua tombol menu yaitu:
  1. Tombol menu Koleksi cd/dvd terdiri atas rincian tentang CD/DVD yaitu:
  • Judul : akan menampilkan judul dari CD/DVD
  • Kode : nomor kode dari CD/DVD
  • Koleksi: untuk menampilkan koleksi tentang CD/DVD tersubut
  • Keterangan: informasi yang tentang CD/DVD
Kemudian pada bagian kanan terdapat kotak pencarian untuk mencari CD/DVD yang akan dirental secara cepat dan juga kotak box tentang CD/DVD yang dirental dan daftar anggota yang telah mendaftarkan diri pada rental tersebut.
  1. Tombol menu daftar anggota mengenai rincian tentang anggota yaitu:
  • Nama : untuk menampilkan nama lengkap anggota yang telah terdaftar.
  • Alamat: untuk menampilkan alamat lengkap tentang anggotanya.
  • Tgl peminjaman : menampilkan tanggal peminjaman anggota yang merental.
  • Tgl pengembalian: menampilkan tanggal pengembalian CD/DVD yang dirental.
  • Table CD/DVD yang dirental: merupakan table dari CD/DVD yang dirental oleh peminjam.

No comments:

Post a Comment