Thursday, September 3, 2015

Laporan Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek Pertemuan 1 dan 2


MODUL I
CLASS DAN OBJEK
  1. Pembahasan program class ObjekBuku
Pada class ini terdapat satu class buku dan dua method yang akan di panggil dalam class utamanya. Pada class buku dideklarasikan tiga variabel yaitu judul bertipe String untuk menyimpan karakter, harga dan halaman bertipe integer yang akan menyimpan nilai numerik.

Method pertama yaitu setBuku(){} yang mempunyai 3 parameter seperti pada class Buku kemudian pada pendeklarasian parameternya menggunakan kata kunci this untuk setiap variabelnya sehingga nantinya nilai variabel akan tetap nilai dari variabel itu sendiri.Method kedua yaitu tampil() yang berisi perintah-perintah output dari method pertama sehingga akan di cetak pada layar.


Class utama yang bernama ObjekBuku{} yang mempunyai method main dan membuat objek baru untuk memanggil methd sebelumnya. Pada class ini tanpa method main maka program tidak akan menghasilkan apa-apa karena kata kunci main adalah kunci utama atau keharusan dalam program. Kemudian pada method main menciptakan objek baru dari class Buku untuk memanggil kedua method didalamnya, yaitu method pertama setBuku yang masing-masing variabel telah didefinikan yaitu (“PBO”, 60000, 100); yang akan dicetak oleh method tampil pada layar, Kemudian method kedua yaitu tampil() maka dari itu masing-masing method akan mengeksekusi perintahnya dari objek baru yang memangilnya.


Pada class main terdapat juga objek baru yang bernama buku2 yang tetap sama yaitu memanggil method yang sama tetapi hanya berbeda pada nilai variabel yang di definisikan, yaitu pada setBuku() berisi (“Pemrograman Web”, 43000, 80); yang nantinya akan di cetak oleh method tampil() sesuai dengan variabel masing-masing dan perintah outputnya.
  1. Pembahasan program class Pegawai
Pada class ini merupakan inputan dari keyboard sehingga menggunakan import.java.util.Scanner; pada library java yang tersedia. Klas Pegawai mempunyai tiga variabel yaitu NamaPegawai bertipe String, IdPegawai bertipe integer dan PosisiPegawai bertipe String. Pada klas ini juga terdapat dua konstruktor dan satu method yang akan di panggil pada method utamanya.


Konstruktor pertama mempunyai variabel nama bertipe String, Id bertipe integer dan posisi bertipe String yang di deklarasikan pada kontruktor itu sendiri sehingga variabel pada class Pegawai di deklarasikan pada kontruktor ini yaitu NamaPegawai=nama;, IdPegawai=Id; dan PosisiPegawai=Posisi;


Konstruktor kedua sudah mempunyai nilai variabel masing-masing sehingga akan di cetak oleh method show() sesuai dengan nilai variabel yang akan di cetak pada layar. Method show() yang berisi perintah-perintah output yang memanggil variabel diatas karena pada klas ini belum mempunyai method main sehingga method ini akan di panggil pada method utamanya yaitu method main.


Pada method main, karena program memintah inputan dari keyboard sehingga membuat objek baru untuk memanggilnya yaitu Scanner keyboard = new Scanner(System.in);, kemudian setiap inputan yang di masukkan sesuai dengan tipe variabelnya nama bertipe String sehingga menggunakan input type next();, nopeg bertipe integer yang menggunakan input type nextInt(); dan pos bertipe String sehingga menggunakan juga next();


Setelah itu membuat objek baru lagi untuk memanggil method show() untuk mencetak inputan yang di masukkan maupun yang telah dideklarasikan yaitu objek baru yang bernama pegawai1. Kemudian objek baru yang bernama pegawai2 adalah sudah mempunyai nilai variabel sehingga tinggal dieksekusi pada method show().


 
MODUL II
VARIABEL, PARAMETER DAN KONSTANTA
  1. Pembahasan program class Lingkaran
Class Lingkaran terdapat variabel kontanta yaitu variabel phi yang bertipe double dengan nilai variabelnya 3.14 dan variabel jari bertipe double juga belum dideklarasikan, kemudian dalam class ini terdapat 4 method yaitu: method setJari(), method jari(), method luas() dan method tampil().


Pada method setJari() menggunakan kata kunci void untuk tidak mempengaruhi method lainnya dengan bertipe double. Kumudian pada variabelnya menggunakan return untuk mengembalikan nilai dari variabel jari kepada variabel jariO.


Method luas() yang bertipe double mempunyai variabel luasO dengan bertipe dooble juga kemuadian mempunyai perkalian antara variabel phi dengan variabel jari sehingga nilainya akan disimpan dalam variabel luasO kemudian mengembalikanya lagi.


Kemudian method tampil() yang menggunakan kata kunci void agar tidak mempengaruhi method lainya yang berisi perintah-perintah output yang akan mencetak nilai dari variabel jari dan method luas().


Pada class Main1{} mempunya kata kunci main untuk memanggil class Lingkaran{} dengan membuat objek baru yaitu a sehingga objek tersebut memanggil method pada class Lingkaran{} yaitu setJari() yang mempunyai nilai veriabel sudah diketahui yaitu 10.00 dan memanggil method tampil() untuk mencetaknya.

Kemudian pada class Main2{} juga memiliki method main untuk memanggil class Lingkaran{}, class Main2{} juga membuat array objek baru dengan nama a yang mempunyai nilai array 5 kemudian menggunakan perulangan for pada variabel i untuk memberikan perulangan pada objek baru. Karena panjang array sama dengan 5 maka objek a membuat 5 nilai variabel kepada kelima indeks array yang masing-masing nilainya sudah diketahui. Setelah itu akan memberikan nilainya kepada variabel i sehingga objek baru memanggil method tampil() pada class Lingkaran{} untuk mencetak nilai variabel pada array indeks dengan variabel i.

No comments:

Post a Comment