MODUL
I
CLASS
DAN OBJEK
-
Pembahasan program class ObjekBuku
Pada
class ini terdapat satu class buku dan dua method yang akan di
panggil dalam class utamanya. Pada class buku dideklarasikan tiga
variabel yaitu
judul
bertipe String
untuk menyimpan karakter, harga
dan
halaman
bertipe integer
yang akan menyimpan nilai numerik.
Method
pertama yaitu setBuku(){}
yang mempunyai 3 parameter seperti pada class
Buku
kemudian pada pendeklarasian parameternya menggunakan kata kunci this
untuk setiap variabelnya sehingga nantinya nilai variabel akan tetap
nilai dari variabel itu sendiri.Method kedua yaitu tampil()
yang berisi perintah-perintah output dari method pertama sehingga
akan di cetak pada layar.
Class
utama yang bernama ObjekBuku{}
yang mempunyai method main dan membuat objek baru untuk memanggil
methd sebelumnya. Pada class ini tanpa method main maka program tidak
akan menghasilkan apa-apa karena kata kunci main adalah kunci utama
atau keharusan dalam program. Kemudian pada method main menciptakan
objek baru dari class
Buku
untuk memanggil kedua method didalamnya, yaitu method pertama setBuku
yang masing-masing variabel telah didefinikan yaitu (“PBO”,
60000, 100);
yang akan dicetak oleh method tampil pada layar, Kemudian method
kedua yaitu tampil()
maka dari itu masing-masing method akan mengeksekusi perintahnya dari
objek baru yang memangilnya.
Pada
class main terdapat juga objek baru yang bernama buku2
yang tetap sama yaitu memanggil method yang sama tetapi hanya berbeda
pada nilai variabel yang di definisikan, yaitu pada setBuku()
berisi (“Pemrograman
Web”, 43000, 80);
yang nantinya akan di cetak oleh method tampil() sesuai dengan
variabel masing-masing dan perintah outputnya.
-
Pembahasan program class Pegawai
Pada
class ini merupakan inputan dari keyboard sehingga menggunakan
import.java.util.Scanner;
pada library java yang tersedia. Klas Pegawai mempunyai tiga variabel
yaitu NamaPegawai
bertipe String, IdPegawai
bertipe integer dan PosisiPegawai
bertipe String. Pada klas ini juga terdapat dua konstruktor dan satu
method yang akan di panggil pada method utamanya.
Konstruktor
pertama mempunyai variabel nama
bertipe String, Id
bertipe integer dan posisi
bertipe String yang di deklarasikan pada kontruktor itu sendiri
sehingga variabel pada class
Pegawai
di deklarasikan pada kontruktor ini yaitu NamaPegawai=nama;,
IdPegawai=Id;
dan PosisiPegawai=Posisi;
Konstruktor
kedua sudah mempunyai nilai variabel masing-masing sehingga akan di
cetak oleh method show()
sesuai dengan nilai variabel yang akan di cetak pada layar. Method
show()
yang berisi perintah-perintah output yang memanggil variabel diatas
karena pada klas ini belum mempunyai method main
sehingga method ini akan di panggil pada method utamanya yaitu method
main.
Pada
method main, karena program memintah inputan dari keyboard sehingga
membuat objek baru untuk memanggilnya yaitu Scanner
keyboard = new Scanner(System.in);,
kemudian setiap inputan yang di masukkan sesuai dengan tipe
variabelnya nama
bertipe String sehingga menggunakan input type next();,
nopeg
bertipe integer yang menggunakan input type nextInt();
dan pos
bertipe String sehingga menggunakan juga next();
Setelah
itu membuat objek baru lagi untuk memanggil method show()
untuk mencetak inputan yang di masukkan maupun yang telah
dideklarasikan yaitu objek baru yang bernama pegawai1.
Kemudian objek baru yang bernama pegawai2
adalah
sudah mempunyai nilai variabel sehingga tinggal dieksekusi pada
method show().
MODUL
II
VARIABEL,
PARAMETER DAN KONSTANTA
-
Pembahasan program class Lingkaran
Class
Lingkaran terdapat variabel kontanta yaitu variabel phi
yang bertipe double dengan nilai variabelnya 3.14
dan variabel jari
bertipe double juga belum dideklarasikan, kemudian dalam class ini
terdapat 4 method yaitu: method setJari(),
method jari(),
method luas()
dan method tampil().
Pada
method setJari() menggunakan kata kunci void
untuk tidak mempengaruhi method lainnya dengan bertipe double.
Kumudian pada variabelnya menggunakan return
untuk mengembalikan nilai dari variabel
jari
kepada variabel jariO.
Method
luas()
yang bertipe double mempunyai variabel luasO
dengan bertipe dooble juga kemuadian mempunyai perkalian antara
variabel phi
dengan variabel jari
sehingga nilainya akan disimpan dalam variabel luasO
kemudian mengembalikanya lagi.
Kemudian
method tampil()
yang menggunakan kata kunci void
agar tidak mempengaruhi method lainya yang berisi perintah-perintah
output yang akan mencetak nilai dari variabel jari
dan method luas().
Pada
class Main1{}
mempunya kata kunci main
untuk memanggil class
Lingkaran{}
dengan membuat objek baru yaitu a
sehingga objek tersebut memanggil method pada class
Lingkaran{}
yaitu setJari()
yang mempunyai nilai veriabel sudah diketahui yaitu 10.00
dan memanggil method tampil()
untuk mencetaknya.
Kemudian
pada class
Main2{}
juga memiliki method main
untuk memanggil class
Lingkaran{},
class
Main2{}
juga membuat array objek baru dengan nama a
yang mempunyai nilai array 5
kemudian menggunakan perulangan for
pada variabel
i
untuk memberikan perulangan pada objek baru. Karena panjang array
sama dengan 5
maka objek a
membuat 5 nilai variabel kepada kelima indeks array yang
masing-masing nilainya sudah diketahui. Setelah itu akan memberikan
nilainya kepada variabel
i
sehingga objek baru memanggil method tampil()
pada class Lingkaran{}
untuk mencetak nilai variabel pada array indeks dengan variabel i.
No comments:
Post a Comment